Verifying that you are not a robot...
Zenless Zone Zero adalah permainan bermain peran aksi fantasi perkotaan yang dikembangkan dan diterbitkan oleh miHoYo di Tiongkok dan diterbitkan secara global oleh Cognosphere (dengan merek dagang HoYoverse). Permainan ini dirilis di Microsoft Windows, iOS, Android dan PlayStation 5 pada tanggal 4 Juli 2024.[2]
Zenless Zone Zero adalah sebuah permainan bermain peran aksi fantasi perkotaan. Pemain berperan sebagai seorang Proxy (dengan karakter protagonis bernama Wise atau Belle), karakter yang menjelajahi dimensi alternatif yang dikenal sebagai Hollows.[3][4] Seiring dengan perjalanan, Proxy akan merekrut anggota baru sambil terus melawan Ethereal dan musuh lainnya. Selain Proxy, pemain juga menggunakan sebuah asisten robot yang disebut Bangboo.[4]
Dengan menggabungkan kemampuan anggota dan Bangboo yang berbeda, pemain dapat memberikan serangan yang lebih besar dan kombo (dikenal sebagai Chain Attack) ke musuh.[4][5][6]
Permainan ini menggunakan sistem jam, dimana setiap harinya terbagi menjadi pagi, siang, malam, dan larut malam.[4]
Permainan ini berlatarkan alam semesta pasca-apokaliptik yang dikenal sebagai New Eridu. Entitas yang dikenal sebagai Ethereal telah melakukan perjalanan dari portal yang dikenal sebagai Hollows. Ethereal telah mendatangkan malapetaka pada sebagian besar umat manusia, memusnahkan sebagian besar dari mereka. Namun, sekelompok penyintas terpilih telah membentuk benteng untuk melawan, setelah selamat dari serangan gencar dengan mengekstraksi teknologi dan sumber daya dari Ethereal.[7][8]
Meskipun dikategorikan sebagai 'futuristik', Zenless Zone Zero mengambil estetika retro dan analog, dengan penjelasan bahwa teknologi modern rentan terhadap korupsi dari musuh utama yang dikenal sebagai Ethereal. Karakter dapat dijumpai sedang menggunakan telepon genggam buka-tutup atau telepon dengan model dari dekade 2000-an sampai dengan 2010-an. Lokasi utama berada di sebuah toko kaset dimana penduduk New Eridu menyewa dalam bentuk VHS. Televisi tabung sering dijumpai pada permainan. Latar desain juga mengambil gaya yang terinspirasi dari budaya populer dekade 1990-an seperti grunge dan seni jalanan.
HoYoverse meluncurkan game tersebut pada bulan Mei 2022 dan mulai mengadakan pengujian beta tertutup, yang dikenal sebagai "Tuning Tests", untuk PC dan iOS pada bulan Agustus di tahun yang sama.[9] Tes beta tertutup kedua, yang disebut "Equalizing Test", juga diadakan untuk PC dan iOS pada bulan November 2023.[10] Uji beta ketiga, yang disebut "Amplifying Test" diadakan untuk Android, PC, dan iOS, pada bulan April 2024.[11] Selama presentasi State of Play PlayStation, versi untuk PlayStation 5 diumumkan.[12] Sebuah tes teknis diadakan untuk PS5 pada bulan April 2024. Tanggal rilis diumumkan pada akhir Mei 2024. Permainan dirilis di seluruh dunia pada tanggal 4 Juli 2024.
Untuk merayakan rilis permainan, HoYoverse berkolaborasi dengan sejumlah seniman grafiti untuk membuat grafiti bertemakan Zenless Zone Zero di sejumlah kota di Indonesia.[13] Sebuah seri kegiatan perayaan rilis berjudul "New Eridu City Tour" digelar di 19 lokasi di seluruh dunia termasuk Indonesia.[14] Seri kegiatan pameran lainnya berjudul "Zenless Dazzle Expo" digelar pada 6 konvensi komik dan konvensi permainan.[15]
Sebelum permainan dirilis, situs ulasan permainan Tiongkok 17173 mencatat bahwa miHoYo telah memiliki pengalaman yang signifikan pada permainan aksi, menganggap Zenless Zone Zero sebagai sebuah tanda kembali pada genre dan sebuah potensial baru untuk perusahaan. Mereka menganggap miHoYo belum menghadapi pesaing yang signifikan pada kategori permainan aksi dan Zenless Zone Zero dapat "menstabilkan dan memperluas pasar pengguna". 17173 menekankan desain dan gaya permainan yang kuat dan elemen visual yang apik, juga mencatat bahwa ini mewarisi kepiawaian miHoYo sekaligus memperlihatkan sebuah karya yang berbeda dan unik.[17]
Permainan dirilis pada tanggal 4 Juli dengan penerimaan yang umumnya positif, dengan ekspektasi bahwa permainan dapat melampaui permainan miHoYo sebelumnya dan menjadi judul yang luar biasa pada portofolionya. Peninjau menyebut bahwa aspek pertarungan dan eksplorasi hari-ke-hari mengasyikan dan latar dunia yang unik.[18]
Minuman berkarbonasi rasa Kola, enak dan menyegarkan
Offenbar hast du diese Funktion zu schnell genutzt. Du wurdest vorübergehend von der Nutzung dieser Funktion blockiert.
Yes, they both mean the same. I can't see much nuance between them either. I think perhaps 'the whole day' very slightly emphasises the length of time (but that could just be my impression – they are very similar).
Nine Hours, Nine Persons, Nine Doors
We had the day off from the Dare2Build workshop today because it was Swedish Independence Day. To celebrate, the Compostmate team, the Vaxthus team, and the Chalmers Entrepreneurship students all went to explore the islands in the archipelago. I had an amazing time walking around one of the island and experiencing Swedish culture. The day was a complete success thanks to the organization and generosity of the Chalmers students!